Cara Mudah Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Cara Mudah Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Tahukan sahabat aplikasi TikTok? Yups, kali ini kita akan membahas tentang aplikasi ini. Tidak hanya untuk hiburan saja, aplikasi ini juga bisa menghasilkan uang. Kita akan membahas 6 cara mendapatkan uang dari aplikasi tiktok ini.


Yuk kita simak sampai habis artikel ini!


Apa Itu TikTok?


TikTok merupakan platform media sosial yang mengizinkan penggunanya merekam video pendek diiringi dengan musik.


Aplikasi video pendek ini awal mulanya bernama Douyin, yang dirilis oleh perseroan asal Cina yakni ByteDance pada 2016. Cuma perlu satu tahun, Douyin sudah mempunyai kurang lebih 100 juta pengguna di dalam Cina.


Dengan keberhasilannya, aplikasi ini menerapkan rebranding dengan nama TikTok. Tujuannya, supaya bisa lebih diterima pangsa pasar global.


Dan usaha tersebut sukses. TikTok disaat ini mempunyai kurang lebih satu miliyar pengguna aktif di segala dunia.


Di Indonesia sendiri, awal mulanya TikTok ditatap sebelah mata, dicap sebagai aplikasi alayers, apalagi pada 2018 pernah diblokir oleh Kominfo.


Tetapi, TikTok kembali bersinar semenjak pandemi sampai saat ini. Tidak tanggung- tanggung, pengguna TikTok di Indonesia pada Agustus 2020 sudah tembus angka 22, 2 juta!


Inilah salah satu alibi mengapa TikTok kian digandrungi, kesempatan memperoleh uang dari TikTok begitu besar!


Metode Mendapatkan Uang dari TikTok


Berbeda dari YouTube dengan AdSense- nya, TikTok tidak membagikan bayaran untuk setiap ads yang dipasang di akun pengguna.


Kemudian, gimana metode memperoleh uang dari TikTok?


Ada sekian banyak alternatif metode memperoleh uang dari TikTok. Baik untuk Kamu owner brand, akun personal, ataupun apalagi buat pendatang baru! Metode efisien yang bisa Kamu jalani merupakan:


  1. Sponsored Content Post
  2. Kontribusi ataupun Payout Coins
  3. Jasa Pengelola Akun ataupun TikTok Manager
  4. Jual Beli Akun TikTok
  5. TikTok Marketing
  6. Influencer Marketing


Tanpa berlama- lama, ayo kita masuk ke ulasan awal.


1. Sponsored Content Post


Sponsored Content Post yaitu Anda selaku influencer TikTok, yang mempromosikan brand tertentu.


Umumnya, agensi ataupun brand akan memandang jumlah followers, like, serta siaran video, buat mengukur tingkatan engagement content creator di TikTok. Dari situ, hendak nampak apakah followers Kamu sesuai alias sasaran market dari brand.


Metode ini sesuai buat Kamu yang sudah mempunyai followers ribuan ataupun lebih. Sebab itu, saat sebelum bisa menerima tawaran Sponsored Content Post, Kamu wajib berupaya menaikkan followers di TikTok.


Terdapat sebagian metode supaya followers di TikTok bertambah, ialah:


  • Menciptakan niche konten;
  • Mengupload video yang menarik, edit video Kamu saat sebelum di post;
  • Tidak berubah- ubah ataupun terjadwal;
  • Optimasi profile TikTok;
  • Menjajaki challenge viral;
  • Kerja sama dengan pengguna TikTok yang lain;
  • Upload konten Kamu ke media sosial lain, semacam Instagram, Facebook, dll;
  • Upload di jam prime time.


Poin- poin diatas hendak kami ulas lebih lengkap pada bagian Panduan Monetisasi TikTok. Jadi, baca hingga akhir ya…


Tidak hanya itu, buat lebih tingkatkan skill promosi lewat TikTok, Kamu pula dapat menekuni 14+ Ilham Konten TikTok buat Promosi Bisnis.


2. Kontribusi ataupun Payout Coins


Terdapat banyak metode memperoleh duit dari TikTok dikala followers Kamu telah besar. Salah satunya dari“ kontribusi” yang diberikan fans dikala Kamu live streaming di TikTok.


Konsepnya nyaris sama dengan platform Twitch ataupun Likee. Dikala live streaming, TikTok membolehkan para viewer membagikan stiker gift yang nantinya bisa diganti dengan duit.


Umumnya, stiker ini cuma hendak dikirimkan viewer buat menghargai usaha content creator dalam membagikan konten TikTok. Jadi, upayakan membuat konten yang berguna ya!


Kemudian, Mengapa stiker tersebut dapat diuangkan? Ya, sebab para fans Kamu memperoleh stiker tersebut dengan membelinya pula.


3. Jasa Pengelola Akun ataupun TikTok Manager


Metode kelima yang dapat Kamu jalani ialah jadi TikTok Manager. Metode kerjanya, Kamu mengelola akun TikTok kepunyaan seorang supaya lebih tumbuh pesat.


Sasarannya juga bukan cuma content creator, namun pula brand ataupun industri yang memakai TikTok buat promosi bisnis.


Umumnya, tugas jasa pengelola akun meliputi:


  • Tingkatkan followers, like, jumlah siaran video sampai engagement;
  • Mengendalikan strategi content marketing;
  • Meningkatkan ilham kreatif konten TikTok;
  • Mengelola tawaran kerja sama, dll.
  • Metode ini sesuai buat Kamu yang mengerti seluk beluk dunia marketing.


Di TikTok, tidak menutup mungkin buat viral cuma dalam waktu tadi malam. Hingga selaku TikTok Manager, Kamu butuh menekuni lebih lanjut tentang viral marketing.


4. Jual Beli Akun TikTok


Bila Kamu telah mahir dalam membangun engagement dengan followers, hingga metode terbaik menciptakan duit di TikTok merupakan jual beli akun.


Konsepnya sangat sederhana, yang butuh Kamu jalani merupakan:


  • Membuat akun dengan atensi pada topik tertentu;
  • Meningkatkan followers, like, jumlah siaran, serta engagement;
  • Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama;


Sehabis akun jadi besar, jual ke brand ataupun industri dengan bidang yang sama.

Mengapa sih metode ini dapat cuan?


Sebab sasaran promosi yang diperlukan brand ataupun industri merupakan orang- orang yang mempunyai atensi yang sama dengan bidang bisnis mereka.


Sebaliknya, Kamu telah membangun akun lengkap dengan followers yang cocok kebutuhan brand. Ibaratnya, Kamu menolong brand dengan sasaran marketnya berjumpa.


Win- win solution untuk Kamu, followers, serta owner bisnis, bukan?


Metode ini telah umum dicoba, sebab masih belum banyak brand yang dapat menghandle akun dari nol. Terlebih, Kamu dapat membuat akun sebanyak yang Kamu sanggup.


Kamu dapat bereksperimen membangun community marketing serta mengelola akun dengan bermacam topik ataupun atensi. Dengan begitu, terus menjadi banyak pula akun yang dapat Kamu jual nantinya.


Selaku bonus, Kamu bisa mendisplay akun yang Kamu jual di web spesial supaya lebih berkesan handal.


5. TikTok Marketing


TikTok marketing diperuntukan untuk Kamu owner sesuatu brand serta mau menarik konsumen dari aplikasi ini. Metode promosi yang sangat jitu di platform ini merupakan dengan TikTok Ads.


Sama halnya dengan Facebook Ads ataupun Instagram Ads, TikTok mempunyai algoritma yang bisa menolong iklan Kamu“ nampak” oleh target yang Kamu mau.


Misalnya, bisnis Kamu terletak dibidang kuliner, hingga iklan yang diperlihatkan ke user yang mempunyai atensi yang sama.


Perihal itu bisa terjalin sebab TikTok merekam seluruh histori tontonan user buat membagikan iklan yang lebih personal.


Tidak hanya targeting ke audiens yang pas, algoritma TikTok pula teratur melaksanakan remarketing. Jadi, iklan hendak ditampilkan kembali ke audiens yang sudah berhubungan dengan iklan Kamu tadinya.


Metode ini membolehkan audiens lebih sering di dengar dengan brand Kamu serta tertarik membeli produk yang Kamu iklankan.


Nah, Kamu dapat menjajaki Panduan TikTok Ads Terlengkap yang sudah kami sajikan. Siap iklan serta cuan banyak?


6. Agensi Influencer


Agensi influencer merupakan tata cara yang menghubungkan antara brand yang mau beriklan dengan influencer TikTok. Umumnya agensi ini jadi perantara, koordinator, sampai manajemen, dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang pas, mengendalikan konsep iklan, sampai mengelola kerja sama.


Sesungguhnya, TikTok telah mempunyai platform spesial buat Creator Marketplace. Di situ ada fitur khusus yang bekerja sama dengan influencer.


Tetapi umumnya, bayaran yang wajib dikeluarkan cukup besar. Sebab wajib dipecah dengan pihak influencer, pembuatan konten, sampai komisi untuk TikTok sendiri.


Nah, di situlah Kamu bisa mengambil peluang dengan membagikan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan yang penawaran TikTok..


Metode ini sesuai untuk Kamu yang mempunyai kemampuan content marketing serta video marketing. Tidak terdapat salahnya berupaya peruntungan dengan membuka agensi influencer ini.


Kabar menarik: Di Indonesia, agensi influencer masih sangat tidak sering lho! Dengan tingginya pengguna TikTok di Indonesia, peluangnya masih terbuka lebar.


Kamu dapat mencontoh konsep agensi yang digunakan oleh sociallypowerful.com


Panduan Monetisasi TikTok


Sehabis mengenali metode memperoleh duit dari TikTok, ada sebagian panduan supaya proses monetisasi Kamu berjalan mudah serta lebih optimal.


Apa saja tipsnya? Ayo kita bahas.


1. Tetapkan Niche Akun


Atensi akun TikTok mempengaruhi besar pada pendapatan Kamu. Terlebih bila Kamu melaksanakan metode Sponsored Content Post, jasa pengelola akun, serta jual beli akun.


Dengan memastikan niche ataupun topik akun, hingga Kamu bisa mengoptimasi akun dengan lebih khusus. Misalnya, kuliner, teknologi, dll.


Ada sebagian metode supaya niche akun lebih khusus, ialah:


  • Tulis atensi di bio profil;
  • Tonton video dengan niche yang sama di pencarian topik;
  • Silih follow dengan user di topik yang sama;
  • Buat video seputar topik yang di idamkan;
  • Pakai hashtag yang cocok;
  • Jalani challenge viral yang disesuaikan dengan topik Kamu.


Kenapa niche akun berarti?


Bila Kamu menekuni sesuatu niche, mungkin masuk FYP hendak terus menjadi besar serta bisa menjaring leads yang diperlukan.


Dibanding dengan atensi topik yang sangat general ataupun universal, hendak lebih susah masuk FYP. Views pula mungkin sedikit serta leads yang didapatkan pula tidak banyak.


2. Setting Target


Sehabis memastikan niche akun Kamu, saatnya setting sasaran pendapatan.


Triknya, Kamu dapat memakai kalkulator duit TikTok yang tersebar di internet. Contohnya semacam TikTok Money Calculator dari Influencer Marketing Hub.


Perihal ini bisa dicoba baik untuk TikToker serta pula agensi influencer.


Bila Kamu seseorang TikToker, Kamu bisa memakai money calculator ini buat menolong memastikan range harga endorsement.


Serta bila Kamu seseorang agensi influencer, money calculator bisa menolong Kamu buat memperkirakan bayaran endorsement para TikToker.


Seluruhnya hendak menciptakan persentase engagement rate akun Kamu serta ditaksir pemasukan dari TikTok.


3. Optimasi Konten Supaya Masuk FYP


FYP ataupun For You Page merupakan saran konten pada homepage user dikala awal kali membuka aplikasi.


Keuntungan dari masuknya video ke FYP merupakan konten Kamu bisa dilihat banyak orang, sehingga like serta jumlah siaran juga hendak bertambah.


Tetapi supaya masuk FYP, Kamu butuh mempraktikkan tips- tips berikut:


  1. Membuat konten yang lagi trend. Sebab FYP timbul otomatis bersumber pada popularitas ataupun trend. Kamu dapat mengemas video yang lagi trend dengan niche konten, diedit cocok karakteristik khas Kamu, dll;
  2. Menulis caption dengan pas. Supaya TikTok“ memandang” konten Kamu cocok dengan trend ataupun kata kunci. Buat caption semenarik bisa jadi serta interaktif dengan viewer. Misalnya, berbentuk persoalan ataupun tantangan, dll;
  3. Memakai lagu yang lagi terkenal. Walaupun video pendek kurang dari satu menit, tetapi metode inilah yang sangat gampang buat viral. Kamu cuma butuh memakai lagu- lagu yang cocok dengan konten;
  4. Pakai hashtag yang cocok. Hashtag menolong video Kamu gampang ditemui pada fitur pencarian. Kamu pula dapat menyertakan hashtag#foryoupage#FYP ataupun#foryou supaya sistem algoritma TikTok bisa mengetahui konten Kamu;
  5. Buat konten yang memancing audiens menyaksikan sampai akhir. Perihal ini membolehkan rating video Kamu bertambah serta masuk FYP. Misalnya, step by step video, bimbingan, duet ataupun kerja sama dengan kreator lain, dll;
  6. Interaktif. Silih berpendapat, berikan like, serta follow pada konten yang masuk FYP merupakan langkah dini interaksi. Perihal ini bisa membangun komunikasi ke sesama user supaya akun Kamu mempunyai engagement yang kokoh.


4. Tingkatkan Followers


Perihal terutama supaya metode monetisasi TikTok sukses merupakan dengan tingkatkan followers.


Tetapi, membeli follower tidaklah jawaban( kan ingin memperoleh duit, bukan malah membuang duit).


Sebab belum pasti Kamu memperoleh engagement rate yang selaras dengan jumlah follower.


Nah, solusinya merupakan memperoleh follower organik di TikTok. Triknya ialah:


  1. Menciptakan niche konten. Bertujuan mencapai serta mengumpulkan follower dengan atensi yang sama serta khusus. Sehingga bisa menerima data yang bertabiat komersial, semacam Sponsored Content Post, dll;
  2. Mengupload video yang menarik. Edit video Kamu saat sebelum di post. Misalnya, dengan meningkatkan potongan lagu, thumbnail video, subtitle, mutu video, transisi video yang apik, dll;
  3. Tidak berubah- ubah ataupun terjadwal. Trend di TikTok senantiasa berganti, cobalah suatu yang baru serta menjajaki trends dengan tidak berubah- ubah. Serta teratur membuat konten TikTok, misalnya 3 kali satu hari, sehingga viewer pula hendak terus menjadi bertambah;
  4. Optimasi profile TikTok. Dikala seorang tertarik dikala memandang konten Kamu, hingga dapat jadi user tersebut berkunjung ke profil Kamu. Hingga, lengkapi profil Kamu dengan gambar, nama asli, username yang gampang diketik/ dibaca, serta bio profile seperlunya yang menggambarkan diri Kamu;
  5. Menjajaki challenge viral. Terdapat banyak challenge viral tiap dikala di TikTok. Sebab viral, hingga hendak banyak saingan, jadi Kamu dapat eksperimen dengan menjajaki challenge viral dengan karakteristik khas Kamu;
  6. Kerja sama dengan pengguna TikTok yang lain. TikTok mempunyai fitur stitch supaya Kamu dapat duet dengan konten TikTok lain. Metode ini bisa dicoba biar konten Kamu tidak monoton serta pula menaikkan engagement dengan user lain;
  7. Upload konten Kamu ke media sosial lain. Di Instagram, banyak berseliweran konten- konten TikTok. Kamu pula dapat memberikan ataupun memposting ulang konten TikTok di media sosial lain, semacam Instagram, Facebook, dll;
  8. Upload di jam prime time. Konten Kamu hendak percuma bila tidak banyak yang memandang. Salah satu kesalahan sangat universal merupakan mengupload diluar jam prime time. Di Indonesia sendiri, waktu prime time dekat jam makan siang serta jam saat sebelum tidur.


Siap Bisa Duit dari TikTok?


Tiap platform media sosial sesungguhnya bisa dioptimalkan buat menaikkan pundi- pundi pendapatan. Begitu pula dengan TikTok yang kurang lebih sama.


Kamu sudah mengenali 6 metode menciptakan duit dari TikTok, ialah TikTok marketing, agensi influencer, sponsored content post, kontribusi, jasa pengelola akun serta jual beli akun.


Hingga di mari juga Anda


mengerti metode monetisasi akun supaya kian mantap. Misalnya, memastikan niche akun, men- setting sasaran, mengoptimasi konten, sampai tingkatkan followers.


Nah, langkah berikutnya Anda- lah yang memastikan. Ingin seberapa besar Kamu cuan di TikTok?


Hingga ketemu di FYP ya!