Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang | Dikomo Indonesia

Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang | Dikomo Indonesia

Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

Ponpes Darul Ulum Jombang merupakan salah satu pondok pesantren yang terletak di Desa Rejoso Kec. Peterongan Kab. Jombang Jawa Timur. Pesantren ini berdiri diatas tanah seluas kurang lebih 42,5 hektare. 

Karena letak Ponpes Darul Ulum ini berada di Desa Rejoso, maka pada zaman dahulu pesantren ini dikenal dengan nama Pondok Njoso.

Didirikan sekitar tahun 1885 oleh KH. Tamim Irsyad dengan nama Pondok Njoso. Ponpes Darul Ulum menjadi pondok pesantren yang tergolong maju sampai saat ini. Sehingga dengan berkembangnya zaman, pada tahun 1933 KH. Dahlan Cholil memberi nama Darul Ulum.

Nama Darul Ulum sendiri memiliki arti yang sangat mendalam. Diambil dari kata Darul yang memiliki arti Gudang dan Ulum yang memiliki arti ilmu. Sehingga ketika di gabungkan nama ini mempunyai arti "Gudang Ilmu".

Dengan berbagai macam kemajuan dan modernisasi pendidikan yang ada di Ponpes Darul Ulum, sampai saat ini pesantren ini memiliki santri sekitar 13.036 yang tercatat pada maret 2020.

Melalui visi dan misinya, Pondok Pesantren Darul Ulum memiliki cita-cita yang sangat mulia dalam mendukung dakwah atau penyebaran ilmu agama islam di nusantara ini.

Dapat kita lihat visi mulia dari pesantren ini adalah sebagai berikut:

Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang
Visi ini merupakan salah satu ayat dari kitab yang memberikan kita petunjuk, yaitu al quran surah ali imran ayat 18.

Ayat ini memiliki arti "Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".

Tidak hanya pada visinya saja, ayat al quran yang sangat mulia juga terdapat pada misi dari pondok pesantren ini. Berikut merupakan gambar dari misi pondok pesantren ini.

Ponpes darul ulum jombang
pada ayat yang sekaligus dijadikan sebagai misi dari pondok pesantren ini, dapat kita lihat memiliki arti sebagai berikut ini :
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Untuk mewujudkan tujuan dari Darul Ulum ini, maka terdapat azaz, dasar, dan tujuan pondok pesantren ini. 

  • Azaz
    Azaz kelembagaan Pondok Pesantren Darul Ulum sebagai wadah pendidikan kader bangsa, negara, dan agama adalah Pancasila dan Undang-Udang Dasar 1945.

  • Dasar
    Dasar amaliyah Pesantren Darul Ulum jombang sebagai lembaga sosialisasi nilai agama adalah Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Dengan petunjuk konstruktif melalui empat madhab yaitu Maliki, Hanafi, Syafi'i, dan Hambali.

  • Tujuan
     1. Membentuk kader muslim yang sejati. Aktif dalam menjalankan ajaran islam dan konsekuensi terhadap kesaksiannya.
    2. Menempatkan ilmu pengetahuan sebagai penegak agama dan negara.
    3. Membentuk manusia yang akrab dan selalu mencintai Allah SWT. Melalui kesadaran bahwa hanya petunjuknya yang akan sanggup menciptakan kebaikan.

Daftar Sekolah Di Ponpes Darul Ulum Jombang

Di pesantren ini, terdapat banyak sekali unit pendidikan atau sekolah yang berada di naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

Mulai dari pendidikan formal sampai non formal, mulai dari MIN/SD sampai Universitas ada semua di pesantren ini. Berikut merupakan daftar dari unit pendidikan yang ada di Pondok Njoso ini :

  1. MIN (Madrasah Ibtidakiyyah Negeri) Darul ‘Ulum Jombang
  2. MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) 2 Jombang
  3. MTs Plus (Madrasah Tsanawiyah Plus) Darul ‘Ulum Jombang
  4. MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 2 Jombang
  5. MAU (Madrasah Aliyah Unggulan) Darul Ulum Jombang
  6. SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang
  7. SMP Negeri 3 Peterongan Jombang
  8. SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT
  9. SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Cambridge International School ID 113
  10. SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang
  11. SMK Darul Ulum 1 Peterongan Jombang
  12. SMK Telkom Darul Ulum Jombang
  13. Madrasah Takhassus Al Quran
  14. Universitas Darul Ulum Jombang
  15. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  16. Sekolah Luar Biasa

Setelah kita mengetahui pendidikan formal yang ada di pesantren ini, kita juga harus tahu apa saja pendidikan non formal yang mendukung proses pembelajaran bagi santri yang berada di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini.

Pendidikan non formal yang berada di pesantren ini pun juga tak kalah dari pendidikan formalnya. Berikut adalah daftar pendidikan non formal dari pondok pesantren darul ulum jombang ini:

  1. Pendidikan Kepramukaan
  2. Pendidikan Kepemimpinan (OSIS/FKO/Pengurus Asrama)
  3. Pengajian Weton atau ceramah yang dilakukan setiap 5 hari sekali
  4. Pengajian dengan kitab atau bandongan 
  5. Pengajian sorogan (murid baca kitab, guru menyimak)
  6. Pendidikan Qiroat Al Quran
  7. Pendidikan kader organisasi
  8. LBB Darul Ulum Jombang
Tak hanya untuk santrinya saja loh!  di pesantren ini masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pondok juga diberikan bentuk pendidikan praktikum kemasyarakatan loh. Apa aja ya? yuk kita lihat dibawah ini:
  1. Organisasi Kantin
  2. Ikatan Pondok Pesantren Darul Ulum
  3. Organisasi Olahraga Darul Ulum
  4. Ikatan Keluarga Pondok Pesantren Darul Ulum
Itu tadi teman-teman daftar sekolah di ponpes darul ulum jombang, baik yang formal maupun non formal. Untuk pembahasan dari tiap-tiap sekolah bisa sahabat baca di artikel saya yang lain di blog ini ya.

Daftar Asrama Ponpes Darul Ulum Jombang 

Setelah kita melihat begitu banyak dan lengkapnya unit pendidikan atau sekolah yang ada di pondok pesantren Darul Ulum Jombang. Sekarang kita akan menjelaskan tentang daftar asrama Ponpes Darul Ulum Jombang.

Kira-kira ada berapa banyak asrama ya? langsung aja ya teman-teman. Kita akan berikan daftar asrama tersebut kepada teman-teman semua.

  1. Asrama 1 Almasyhari Di asrama 1 Almasyhari ini diasuh oleh Bunyai Hj Chapsoh Masyhari. Memiliki letak yang berada di tengah lingkungan pesantren, menjadikan asrama ini mudah menjangkau berbagai sekolah atau unit pendidikan yang ada di Ponpes Darul Ulum ini. Anda akan sangat dekat dengan beberapa unit sekolah, jika anda berada di asrama ini. Unit pendidikan yang dekat dengan asrama 1 Almasyhari adalah MAN 2 Jombang, SMA Darul Ulum 1, MIN Darul Ulum Jombang, SMP Darul Ulum 1, dan beberapa unit lainnya. Jika anda ingin melihat letak asrama ini lebih jelas, teman-teman bisa melihat di google maps dengan mengklik ini "Letak Asrama 1 Almasyhari". Jika teman-teman ingin mengetahui info lebih mendetail mengenai asrama ini, teman-teman bisa langsung datang atau dapat telfon ke nomor ini +6281358245552.
  2. Asrama 2 Al Khodijah Di nomor dua ini, kita akan sedikit menjelaskan tentang asrama 2 Al Khodijah. Di asrama ini teman-teman akan diasuh langsung oleh KH. A. Tamim Romly, S.H., M. Si. Asrama Al Khodijah ini juga terletak di tengah lingkungan pondok pesantren Darul Ulum Jombang. Asrama ini dekat dengan asrama 1 Almasyhari. Asrama ini di khususkan untuk para santriwati. Jadi untuk teman-teman putra yang ingin menjadi santri di Ponpes Darul Ulum tidak bisa masuk di asrama 2 al khodijah ini ya hehehe. Untuk mengetahui letak asrama ini, teman teman bisa melihat melalui link ini ya "Letak Asrama 2 Al Khodijah". Jika anda penasaran dengan kegiatan di asrama 2 al khodijah ini, anda bisa langsung datang ke lokasi, atau teman-teman bisa melihat di instagram resminya langsung di akun @asrama2_alkhodijah. Anda juga bisa langsung menelfon pengurus asrama 2 al khodijah ini untuk info yang jelas dan lengkap di nomor ini 0321 864927.

  3. Asrama 3 Nusantara Selanjutnya adalah Asrama 3 Nusantara. Asrama ini juga dekat dengan al khodijah dan Almasyhari. Di Asrama ini dulunya di asuh oleh Almh. Ibu Nyai HJ. Azzah As'ad Umar. Asrama ini juga di khususkan untuk teman-teman santriwati. Jika teman-teman ingin mengetahui info lengkap dari asrama 3 Nusantara, bisa menghubungi di nomor ini ya teman 0321 8495676. Atau bisa menghubungi melalui instagram berikut ya teman @asrama_3_nusantara.official

    Di akun instagram tersebut, teman-teman bisa melihat kegiatan dari santriwati asrama 3 Nusantara Ponpes Darul Ulum Jombang.
     

    Berikutnya adalah asrama 4. Asrama ini berada di tempat yang berdekatan, asrama ini dekat dengan beberapa unit pendidikan. Diantaranya adalah SMP Darul Ulum 1, MTsN Rejoso, SMK Darul Ulum 1, SMA Darul Ulum 1, dan beberapa unit lainnya.

    Untuk info lebih lengkap mengenai asrama 4 ini, teman-teman bisa menghubungi pengurus Pondok Pesantren Darul Ulum langsung melalui nomor berikut (0321) 866686.
  4. Asrama 4Y Al Kholiliyah Asrama Putri yang terletak di Ponpes Darul Ulum Peterongan Jombang. Jika teman-teman ingin tahu lebih dalam tentang asrama 4Y Al Kholiliyah ini bisa langsung datang langsung ke tempat ya teman. Asrama ini diasuh oleh Bunyai Cholisoh Dahlan. Teman-teman bisa menghubungi instagram @al_choliliyah4y atau @alcholiliyah04
  5. Asrama 4K Almaimunah Asrama almaimunah ini juga merupakan asrama putri yang terletak di bawah naungan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Untuk info lebih lengkap teman-teman bisa menghubungi pengurus asrama atau dapat datang langsung ke Pondok Njoso ya teman-teman.
  6. Asrama 4L Al Mubarok Di urutan nomor 6 ini, ada asrama 4L Al Mubarok. Asrama ini diasuh oleh Gus H M Shobih Hannan. Untuk info lebih lengkap teman-teman bisa melihat instagram dengan username @4lmubarokppdu. Asrama ini merupakan asrama untuk santri Putra dan putri ya teman-teman. Untuk detail lokasi bisa teman teman klik link berikut ya "Letak Asrama 4l Al Mubarok".
  7. Asrama 4I Ainusyam Yups, selanjutnya adalah Asrama 4I adalah Ainusyam. Asrama putri ini diasuh oleh Gus Mudib dan Neng Aan. Melalui instagram @santri_ainusyams, anda bisa melihat keseharian santriwati yang bermukim di asrama ini ya teman.
  8. Asrama 4H Al Insyiroh
  9. Asrama 4M Ainul Yaqin
  10. Asrama 5 Haflah Mubarok Di asrama urutan ke 10 ini, letaknya agak bergeser sedikit ya. Asrama ini terletak dekat dengan pondok induk Pesantren Darul Ulum ya teman. Di asrama ini diasuh oleh bunyai Hj Alfiyah Hasyim.
  11. Asrama 6 Assyafi'iyah Berikutnya adalah asrama 6 Pondok Pesantren Darul Ulum. Asrama ini bernama Assyafi'iyah. Asrama ini merupakan salah satu tempat mukim santri Darul Ulum Jombang yang dulunya diasuh oleh Bunyai HJ. Amiroh Shonhadji Romly. Di asrama ini sangat dekat sekali dengan Unit Sekolah MAN 2 Jombang, UNIPDU, SMK Telkom Darul Ulum, MTs Plus Darul Ulum, dan beberapa unit lainnya. Untuk teman-teman yang penasaran dan ingin tahu tentang asrama 6 Assyafi'iyah ini bisa langsung datang ke pesantren ya. Atau bisa menghubungi instagram resmi di akun @asrama6_assyafiiyah. Teman-teman juga bisa melihat asrama 6 assyafiiyah melalui google maps dengan menggunakan link berikut "Letak Asrama 6 Assyafiiyah" .
  12. Asrama 7 Alhusna Lanjut diurutan ke 12 ini, kita akan membahas tentang asrama 7 alhusna darul ulum. Asrama ini merupakan asrama yang banyak ditinggali oleh santriwan dan satriwati. Dulunya diasuh oleh Alm. KH. Acmad Dimyathi Romly, dan sekarang asrama 7 Alhusna ini diasuh langsung oleh istri beliau, yaitu Ibu Nyai Hj. Muflichah Dimyathi.

    Asrama ini banyak ditempati oleh teman-teman yang bersekolah di SMA Darul Ulum 1, SMA Darul Ulum 2, MAN 2 Jombang, dan banyak unit sekolah lainnya yang ada di Ponpes Darul Ulum ini.

    Meskipun terbilang jauh dari sekolah SMA Darul Ulum 2, namun banyak juga santri asrama Al Husna ini yang bersekolah di SMA Darul Ulum 2 Jombang.

    Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke pondok, anda akan disambut oleh asrama ini, karena letaknya yang berada di jalan masuk utama Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

    Jika ingin tahu lebih dalam, bisa mengunjungi langsung ya. Aku share juga nih alamatnya di google maps "Letak Asrama 7 Alhusna". Bagi teman-teman yang ingin mengetahui akun instagram asrama alhusna bisa langsung buka ya di @darululum.alhusna.

    Teman-teman juga bisa langsung menghubungi pengurus asrama melalui nomor ini ya 
    +6285747330058.

  13. Asrama 8 Robiah Al Adawiyah
  14. Asrama 9 Al Kautsar Asrama berikutnya adalah asrama 9 al kautsar. Asrama ini merupakan asrama yang sangat dekat dengan SMA Darul Ulum 1 Jombang. Persis di depan gerbang sekolah anda akan langsung melihat asrama ini. Asrama 9 Al Kautsar ini diasuh oleh Bunyai Hj. Ummu Aiman. Bagi teman-teman yang ingin melihat bagaimana kegiatan di asrama 9 Al Kautsar bisa melihat instagram @asrama_alkautsar. untuk maps bisa lihat di sini ya teman "Letak Asrama 9 Al Kautsar".
  15. Asrama 10 Al Hurun Inn Yups, selanjutnya kita menuju ke asrama Hurun Inn. Di asrama ini teman-teman santriwati akan diasuh oleh KH M Zaimuddin Wijaya As'ad dan Bunyai Hj Umy Hasunah.

    Asrama 10 Hurun Inn ini bersebelahan dengan asrama Al Husna. Di Asrama ini sangat dekat dengan MAN 2 Jombang. Namun tak sedikit pula teman-teman santri putri yang bersekolah di unit pendidikan lain Pondok Pesantren Darul Ulum. 

    Mulai dari tingkat SLTP dan SLTA, semua ada yang bermukim di asrama hurun inn ini. Bagi teman-teman yang penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai asrama ini bisa melihat instagramnya langsung ya teman di @huruninn_darululum.

    Bagi teman-teman yang ingin tahu langsung juga bisa datang di asrama ini. "Letak Asrama 10 Hurun Inn"

  16. Asrama 11 Muzamzamah Kita lanjutkan di asrama putri lagi ya teman. Asrama 11 Muzamzamah merupakan salah satu asrama putri yang berada di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Asrama muzamzamah merupakan asrama yang dekat dengan UNIPDU, SMA 3 Darul Ulum, MTS Plus Darul Ulum, SMK Telkom Darul Ulum, dan beberapa unit lainnya yang ada di pondok njoso ini. Diasuh oleh Ning Hj. Niswah Qonita binti As'ad Umar, asrama ini memiliki banyak sekali santriwati. Untuk mengetahui foto dan kegiatan di asrama Muzamzamah bisa teman-teman lihat di instagram @santri_muzamzamah. Diasrama ini ada juga santri putri yang sedang berkuliah di UNIPDU, jadi tak hanya teman-teman santriwati yang bersekolah di tingkat SLTP atau SLTA saja. Teman-teman bisa melihat maps "Letak Asrama 11 Muzamzamah" untuk mengetahui letak asrama ini secara pasti.
  17. Asrama 12 Bani Umar Oke, next adalah Asrama XII Bani Umar. Asrama putra ini diasuh oleh KH M Iqbal Hasyim. Asrama ini berada di depan MTsN Rejoso Peterongan. Untuk mengetahui lebih dalam dari asrama putra Bani Umar ini teman-teman bisa melihat di instagram @baniumar12. 

    Untuk mengetahui letaknya bisa dilihat disini ya teman "Letak Asrama 12 Bani Umar"

  18. Asrama 13 Sulaiman Bilqis Asrama Sulaiman Bilqis merupakan asrama yang dekat dengan SMPN 3 Peterongan, SMK Telkom Darul Ulum, MTS Plus, UNIPDU, SMA 3 Darul Ulum, dan beberapa unit pendidikan lain. Asrama ini diasuh oleh Gus H. M. Syarif Hidayatullah untuk melihat letak di maps bisa di link berikut ya "Letak Asrama 13 Sulaiman Bilqis". Untuk isntagram dari asrama 13 Sulaiman Bilqis adalah @asrama13sulaimanbilqis. YUPS Masih banyak lagi ya asrama di Pondok Pesantren Darul Ulum. Untuk daftar asrama selanjutnya akan saya buat berbeda format ya teman-teman.
  19. Asrama 14 Hidayatul Qur'an Pengasuh : Gus H M Afifuddin Dimyathi Instagram : @hidayatulquran14 atau @hidayatulquran_njoso Maps : "Letak Asrama Hidayatul Quran (HQ)"
  20. Asrama 15 Al falah Pengasuh :
  21. Asrama 16 Assyaruma
  22. Asrama 17 Arromel
  23. Asrama 18 Al Hunain
  24. Asrama 19 Wisma Ka'bah
  25. Asrama 20 Al Hambra
  26. Asrama 21 Ardales
  27. Asrama 22 Pondok Tinggi
  28. Asrama 23 Baitul Maqdis
  29. Asrama 25 Al As'adiyah
  30. Asrama 26 Al Hasyim
  31. Asrama 27 Al Furqon
  32. Asrama 28 Ar Rifai
  33. Asrama 29 Queen Al Azhar
  34. Asrama 30 Ar Risalah
  35. Asrama 31 Bani Romly
  36. Asrama 24 Al Madinah
  37. Asrama 4N Al Karimah
  38. Asrama Induk-Ibnu Sina
  39. Asrama Induk-Falesthine
  40. Asrama Induk-RRC
  41. Asrama Induk-Al Ghozali
  42. Asrama Induk-HI
  43. Asrama Induk Alfaraby-Cordova
  44. Asrama Induk-Raden Fatah
Wah, ternyata banyak sekali ya pilihan asramanya. Jika kita ingin mengetahui lebih dalam tentang asrama di Ponpes Darul Ulum Jombang, teman-teman bisa langsung datang aja ke pesantren. Teman-teman juga bisa datang ketika melakukan daftar ulang dan pengambilan seragam.

Lebih disarankan untuk datang langsung ke asramanya ya! dan langsung menghubungi ustadz atau ustadzah untuk mengetahui biaya daftar dan bulanan asrama tersebut untuk teman-teman yang baru atau akan masuk Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini.

PSB Darul Ulum Jombang

Setelah kita mengetahui sekilas tentang asrama di pondok pesantren Darul Ulum Jombang. Kita juga harus mengetahui bagaimana cara mendaftar menjadi santri di Pondok Njoso ini.
Untuk mendaftar menjadi santri di Ponpes Darul Ulum Jombang ini tergolong sangat mudah. Dengan mengikuti perkembangan zaman, pondok pesantren ini melakukan Pendaftaran Santri Baru menggunakan sistem aplikasi web, atau yang biasa disebut dengan website pendaftaran. 

Dengan mendaftar melalui website psb.ponpesdarululum.id kita tidak perlu datang langsung ketempat untuk melakukan pendaftaran, website pendaftaran ini sangatlah berguna bagi calon santri yang berasal dari luar kota atau provinsi agar tidak menghabiskan biaya untuk transportasi.

Pendaftarannya sudah dibuka sejak tanggal 2 desember 2020 loh. wah tunggu apalagi nih teman-teman, langsung aja ya kunjungi website pendaftaran tersebut. 

Untuk alur pendaftaran yang pertama, teman-teman harus melakukan daftar di halaman pendaftaran. Selanjutnya teman-teman bisa mencetak bukti pendaftaran dan kartu tes. Ditahap ke dua ini teman-teman harus mempunyai akun telegram (aplikasi pesan singkat seperti WA) untuk dapat bergabung kedalam grup telegram PSB Darul Ulum Jombang.

Setelah itu, segeralah melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke nomor rekening yang telah tersedia di website resmi pendaftaran santri baru ya teman, dan jangan lupa untuk mengirimkan bukti pembayaran di halaman konfirmasi pembayaran.

Di langkah ke empat, anda harus menunggu konfirmasi pembayaran oleh petugas. Setelah dikonfirmasi teman-teman harus mendownload kartu tes dan harus mencetaknya sebagai syarat untuk mengikuti tes tulis di jadwal yang sudah ditentukan.

Setelah teman-teman mengikuti tes, maka tibalah saat pengumuman. Di saat ini sahabat akan melihat hasil atau prestasi teman-teman apakah layak mendapatkan pilihan sekolah pertama atau kedua. Setelah anda mengetahui unit sekolah yang menerima anda, maka hal yang harus dilakukan adalah daftar ulang.

Biaya Masuk Ponpes Darul Ulum Jombang 2021

Untuk biaya masuk Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang di tahun 2021 adalah sebagai berikut teman. Namun untuk biaya ini belum termasuk biaya pendaftaran asrama, biaya pendaftaran asrama akan mengikuti kebijakan asrama masing-masing.

Untuk mengetahui biaya asrama di pondok pesantren darul ulum, teman-teman bisa mencari informasi di contact person resmi website psb.ponpesdarululum.id atau mencari info melalui artikel saya yang akan datang. Untuk Biaya Masuk Ponpes Darul Ulum Jombang 2021 adalah sebagai berikut 

Biaya Daftar Ulang :

  • MTs Plus Darul Ulum Jombang Rp. 1.985.000
  • MTs N 2 Jombang : Rp. 1.985.000
  • SMP Darul Ulum 1 Unggulan : Rp. 2.090.000
  • SMP N 3 Peterongan Jombang : Rp. 1.990.000
  • SMA Darul Ulum 1 BPPT : Rp. 3.270.000
  • SMA Darul Ulum 2 BPPT CIS : Rp. 3.785.000
  • SMA Darul Ulum  3 Billingual : Rp. 2.410.000
  • MA Unggulan Darul Ulum : Rp. 2.210.000
  • MAN 2 Jombang : Rp. 2.200.000
  • SMK Darul Ulum 1 : Rp. 1.950.000
  • SMK Telkom Darul Ulum : Rp. 2.670.000

Biaya diatas belum termasuk besaran biaya dana bhakti ya teman. Untuk dana bhakti akan tergantung oleh peringkat tes tulis yang telah dilakukan pada saat pendaftaran. Kisaran dana bhakti sebagaimana dirilis melalui website pendaftaran PP Darul Ulum Jombang adalah Rp. 175.000 - Rp. 350.000 untuk tingkatan SMP/MTs, sedangkan untuk SMA/SMK adalah sebesar Rp. 250.000 - Rp. 800.000.

Gambar Ponpes Darul Ulum Jombang

Bagi teman-teman yang penasaran dengan foto lingkungan pondok pesantren darul ulum jombang bisa dilihat di bawah ini ya teman. Gambar Ponpes Darul Ulum ini saya peroleh dari beberapa sumber.

Gambar Ponpes Darul Ulum Jombang

Gambar Ponpes Darul Ulum Jombang